Jumat, 17 Februari 2012

backpacking ke malaysia

ini hanya sekedar berbagi cerita dan pengalaman saya, pertama kali , backpacking ke luar Indonesia.
beruntung mendapatkan tiket AirAsiaIndonesia dari Jakarta ke Kuala lumpur seharga IDR 10 total dengan airport tax IDR 490 pp berdua.

13 Februari 2012
mungkin karena terlalu sibuk, di akhir januari, sehingga sampai saat keberangkatan kami belum memegang dolar singapore untuk bekal nanti, di dompet hanya tersedia RM530+USD 50+IDR 700. sudah seminggu mencari dolar singapore selalu gagal dan kosong di beberapa money changer di depok. ya sudah, nekad aja lah...
jam 09.00 dengan bus menuju terminal Kp.Rambutan untuk dapatkan bus ke airport.
sampe di T3 SoekarnoHatta airport jam 11.30, selesai makan siang dan sholat dzuhur+ashar langsung menuju ruang boarding di lantai atas, tepat jam 13.45 airbus QZ 7692 take off.
17.45 landing dengan sempurna di LCCT KLIA , ada perbedaan waktu yang berlaku disini, 1 jam lebih awal, tapi suasana alam di luar mirip jam 5 sore, belum gelap padahal waktu menunjukan jam 6 di KL.


sengaja memilih LCCT Train transit seharga RM 12,5 termasuk shuttle bus ke Salak Tinggi menuju pusat kota KL, KL sentral. selain cepat juga ingin merasakan bagaimana rasanya kereta cepat ini. Train ini tepat waktu berangkat dari stasiun salak tinggi ke KL sentral hanya ditempuh 45 menit. jika menggunakan bus perlu waktu tempuh 1sampai 1jam30menit, tergantung lalu lintas di jalanan, ini adalah weekday dan jam after officehours, kurasa jalanan akan padat dan memilih train express transit adalah tepat.
jam 19.00 sampai di KL Sentral, kami mencari tiket KTM senandung sutera menuju woodlands Singapore untuk pemberangkatan malam ini pukul 23.00,seharga RM 34 untuk superior seater, alhamdulillah mudah didapat, tidak perlu booking, go show saja pun masih tersedia, mungkin karena bukan highseason.
sambil menunggu jadwal berangkat ke Singapore, kami putuskan menikmati jalan-jalan malam di kota KL. menuju landmark kota yang paling terkenal, twins towers Petronas dan KL tower.



 mudah sekali, dari KL Sentral level 1 belilah tiket LRT di mesin tiket, touch dan pilih perjalanan sekali, pilih tujuan , akan keluar jumlah yang harus dibayar, masukan uang coin/uang kertas RM1/RM2/RM5, dan akan keluar token tiket yang akan digunakan untuk masuk peron.
biaya perjalanan yang diperlukan dengan LRT dari KL Sentral ke KLCC (twins towers) adalah RM 1,6
melewati 5 stasiun perhentian. Sampai di KLCC station, berjalanlah keluar gedung ke arah kiri, twinstower ada disampingnya dan nikamatilah landmark KL ini dari taman air didepannya.

untuk menuju KL tower yang berada di kawasan bukit nenas, gunakan LRT di stasiun KLCC arah balik hanya 2 stasiun perhentian di stasiun dang wangi dengan RM 1,3, kemudian berjalan ke arah monorel bukit nenas, berbelok ke kanan, menyusuri jalanan sampai ke bukit nanas, jika sampai di gate bukit nanas, tunggulah shuttle bus/van gratis yang akan mengantar ke atas bukit menuju KL tower.
jam 22.00 saatnya kembali ke KL Sentral dengan LRT yang sama dari dang wangi ke sentral RM 1,6.



KTM senandung sutera ke woodlands, terlambat 30 menit dari jadwal dan sampai Johor Bahru jam 07.30, selepas cek imigrasi di atas keretaapi , perjalanan dilanjutkan masuk singapore dan stop di stasiun woodlands.Cerita di Singapore bisa dilihat disini

15 Februari 2012
berangkat dari JB Sentral di Johor Bahru jam 23.30 dengan bus Starsmart JB ke Butterworth dan singgah di bukit mertajam seharga RM 60. sampai di butterworth jam 08.00, langsung menyebrang ke pulau pinang dengan ferry seharga RM 1,2. 

setelah membersihkan diri di toilet umum seharga 20 sen, kami menuju penang hill dengan menggunakan penang rapid bus dari jetty seharga RM 2. sampai di bukit bendera, membeli tiket train ke atas bukit untuk return tiket seharga RM 30.



setelah puas menikmati kesegaran udara di atas bukit, selanjutnya dengan berjalan kaki (yang menurut kami tidak terlalu jauh) kami mengunjungi kek lok sie yang berada di deket pasar air itam. 


sore hari kami menikmati kota tua George Town yang terawat, dengan bangunan yang indah dari berbagai kultur dan pastinya sudah berusia tua, tapi sangat cantik dan terawat. dengan berjalan kaki. sebenarnya tersedia bus gratis untuk mengelilingi kota, tapi waktu tunggu nya terlalu lama,











jam 22.00 kami kembali ke Kuala Lumpur dengan KTM senandung mutiara seharga RM 34 untuk superior seater. sampai di KL Sentral jam 7.00.









16 Februari 2012
liburan hari terakhir, supaya ga ketinggalan penerbangan pulang, jadi destinasinya yang deket-deket saja, hari ini kami kan ke batu caves dan sedikit lihat kota kuala lumpur disiang hari, sebelum balik ke airport.



dalam perjalanan ini, sengaja dirancang menggunakan  transportasi malam, untuk menghemat biaya hostel, dan dapat mengunjungi banyak tempat dalam waktu liburan yang singkat.

ini adalah biaya pengeluaran  selama di Malaysia;
hari pertama
tiket pesawat AirAsia  (CGK-KUL-CGK+ fuel charge+LCCT tax)  IDR  92
CGK tax                                                                                          IDR 150
bus Cibinong-Kp.Rambutan                                                              IDR    4
bus kp.rambutan - airport                                                                  IDR  25
makan di airport                                                                                IDR  30
LCCT transit train                                                                             RM  12,50
KL Sentral- KLCC                                                                          RM    1,60
KLCC-Dang Wangi                                                                          RM    1,30
Dang wangi -KL Sentral                                                                   RM    1,60
makanan 711                                                                                    RM    5,50
burger di McD                                                                                  RM    3,25
KTM senandung sutera toWoodlands                                                RM  34

hari kedua
bus JB-Butterworth                      RM 60
burger McD di JB                        RM 5,2
air minum                                     RM 7,3
toilet+shower                               RM  0,50
ferry to Penang                             RM 1,2
rapid penang- bukit bendera         RM 2
train penang hill                             RM 30
kek lok sie-komtar (bus)               RM 2
komtar -jetty                                 RM 1,4
KTM senandung mutiara to KL     RM 34

hari ketiga
shower+toilet                               RM 5
KL Sentral -Batu cave                 RM 1
batu cave- KL                             RM 2
LRT masjid jamek -sentral           RM 1
makan siang                                 RM 6,2
LCCT transit                               RM 12,5
jus +ice cream di LCCT              RM   4,25
bus CGK-Bogor                         IDR 35
angkot                                         IDR 2
ojek                                            IDR 4

total seluruhnya liburan ini IDR 342 + RM 235,3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar